BPN Batang Gelar Sosialisasi PTSL Untuk Pemetaan Sertifikat

BPN Batang Gelar Sosialisasi PTSL Untuk Pemetaan Sertifikat

Batang – Untuk menyukseskan Program Pemerintah Pusat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang untuk kesekian kalinya menggelar acara Sosialisasi mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Legkap (PTSL) Tahun Anggaran 2019 di Pendopo Kantor Bupati Kabupaten Batang, Selasa (29/1/2019).

Kepala BPN Kabupaten Batang, Priyono mengatakan, untuk tahun 2019 ini BPN menerapkan target 40 ribu bidang sertifikat dan 50 ribu petak bidang dengan lokasi 75 Desa dan 15 Kecamatan yang tersebar di Wilayah Kabupaten Batang.

“Perlu sinergitas dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa untuk mencapai target ini, terlebih untuk tahun 2018 kemarin, Kabupaten Batang memiliki bobot kinerja tertinggi se-Karesidenan Pekalongan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan perlu adanya pemetaan partisipasif dalam percepatan penyelesaian PTSL, seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Grobogan.

Sementara Bupati, Wihaji mengatakan, program PTSL merupakan program Pemerintah Pusat yang semangatnya membantu masyarakat dalam pemetaan maupun sertifikat dari masing- masing warga yang ada di Kabupaten Batang pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sosialisasi ini menjadi momentum penting bagi Kades dan Sekdes untuk belajar mamahami regulasi, sehingga tidak melanggar aturan hukum dalam penyelengaraan program PTSL.

“Saya selaku Kepala Daerah mempunyai kewajiban untuk menyukseskan program PTSL dan memastikan jangan sampai ada masalah” tegasnya.

Harapannya lanjutnya, seluruh perangkat desa mampu menyukseskan target dari BPN Kabupaten Batang yakni 40 ribu sertifikat dan 50 ribu petak bidang tanah, dengan catatan tidak melanggar aturan hukum. Kepala desa harus benar-benar memahami aturan PTSL tetapi juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan sertifikat tanah.

“Keberadaan sertifikat tanah sebagai tanda bukti kepemilikan dan juga kekuatan hukum penting dalam menghindari sengketa tanah antara keluarga maupun lingkup masyarakat,” pungkasnya.

Sosialisasi dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Sekda Batang Nasikhin, Kepala BPN Kabupaten Batang Priyono, Kapolres Batang Edy Sinulingga, Perwakilan Dandim 0736/Batang, Kasi Datun dan Intel Kejaksaan Negeri Batang, 50 Kepala Desa serta Sekdes se- Kabupaten Batang. (Humas Batang, Jateng/Edo)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *