Dialog Lintas Semarang Pagi Segmen Jaksa Menyapa Bersama Kejari Batang Terkait Dukungan Kejaksaan Negeri Batang Dalam Rangka Penanganan Dan Penanggulangan Covid-19 Khususnya Di Kabupaten Batang

Bahwa pada hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Batang, Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Batang Ridwan gaos Natasukmana, S.H. bersama dengan Analis Penuntutan Kejaksaan Negeri Batang Ziana Walidia, S.H. menjadi narasumber Program Jaksa Menyapa siaran interaktif Radio  Republik Indonesia (RRI) Semarang Pro 1 FM 89 MHz dengan tema  Dukungan Kejaksaan Negeri Batang dalam rangka Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 khususnya di Kabupaten Batang yang dipandu oleh pemandu radio RRI Semarang Edo pra. Siaran tersebut berlangsung selama kurang lebih 45 menit yang dimulai pada pukul 09.15 WIB hingga 10.00 WIB.

Pembahasan dalam siaran tersebut meliputi :

  1. Peran Kejaksaan Negeri Batang dalam mendukung penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Batang;
  2. Upaya penegakan hukum dalam pendisiplinan protokol kesehatan di Kab. Batang;
  3. Monitoring ketersediaan obat-obatan dan oksigen di Kab. Batang;
  4. Korelasi pandemi dengan trend peningkatan kejahatan di Kab. Batang; serta
  5. Pendampingan hukum Kejaksaan Negeri Batang terkait penyalutan Bantuan Sosial di wilayah Kabupaten Batang.

Untuk diketahui bahwa Kejaksaan Negeri Batang turut terlibat secara langsung dalam penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Batang dengan mengerahkan semua bidang berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing. Penegakan hukum dalam pendisiplinan protokol Kesehatan dan PPKM juga dilakukan dengan adanya sinergitas bersama jajaran forkopimda dan dinas terkait dengan memberikan sanksi, baik berupa pidana ringan, administratif, teguran maupun Tindakan. Kabupaten Batang sempat mengalami kesulitan mendapatkan pasokan oksigen dikarenakan banyaknya permintaan daerah lain kepada distributor oksigen yang ada di Kabupaten Batang, sehingga pihak rumah sakit yang ada di Kabupaten Batang melakukan kesepakatan atau MoU dengan distributor oksigen untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan oksigen Kabupaten Batang terlebih dahulu sebelum mengirim ke daerah lain. Terkait ketersediaan obat-obatan yang biasa digunakan oleh penyintas Covid-19 khususnya di Kabupaten Batang masih dapat tercukupi oleh persediaan yang ada di 2 (dua) apotek besar di Kabupaten Batang dan ditunjang dengan persediaan yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang. Tingginya fenomena PHK membuat kriminalitas pada kejahatan konvensional tertentu meningkat 25% dari sebelum pandemi, angka tersebut tidak signifikan bila dibanding dengan daerah lainnya. Kajaksaan Negeri Batang menghimbau kepada para pemangku kebijakan untuk tetap aktif berkonsultasi terlebih terkait dengan penyaluran dana sosial bagi masyarakat yang membutuhkan agar dapat mengurangi penderitaan masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat menaati aturan selama PPKM dan mematuhi protokol Kesehatan agar pandemi Covid-19 dapat segera berlalu dan kondisi Indonesia dan khususnya Kabupaten Batang terbebas dari Covid-19.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dialog Lintas Semarang Pagi Segmen Jaksa Menyapa Bersama Kejari Batang Terkait Dukungan Kejaksaan Negeri Batang Dalam Rangka Penanganan Dan Penanggulangan Covid-19 Khususnya Di Kabupaten Batang"