Dialog Lintas Semarang Pagi Segmen Jaksa Menyapa Bersama Kejari Batang Terkait Pemberantasan Pungutan Liar

Bahwa pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Batang, Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Batang Ridwan Gaos Natasukmana, S.H. selaku Wakil Ketua II Tim Satgas Saber Pungli UPP Kab. Batang bersama dengan Kasi Pengawasan Polres Batang selaku Sekretaris Tim Satgas Saber Pungli  UPP Kab. Batang dan Analis Penuntutan Kejaksaan Negeri Batang Ziana Walidia, S.H. menjadi narasumber Program Jaksa Menyapa siaran interaktif Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang Pro 1 FM 89 MHz dengan tema Pemberantasan Mafia Tanah yang dipandu oleh pemandu radio RRI Semarang Edo pra. Siaran tersebut berlangsung selama kurang lebih 40 menit yang dimulai pada pukul 09.15 WIB hingga 09.55 WIB.

Pembahasan dalam siaran tersebut meliputi :

  1. Peranan Kejaksaan Negeri Batang dalam pemberantasan pungli.
  2. Penanganan pungli oleh Tim Satgas Saber Pungli UPP Kab, Batang.
  3. Tanya jawab terkait Pungli.

Kejaksaan Negeri Batang turut terlibat dalam pemberantasan pungli khususnya di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Batang baik secara preventif maupun represif. Kejaksaan Negeri Batang sebagai salah satur unsur Tim Satgas Saber Pungli masih mengedepankan upaya preventif yaitu pencegahan dengan cara sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat dalam pemberantasan praktek pungli di Kabupaten Batang meskipun sejak tahun 2016 hingga saat ini masih marak pungli, namun demikian masyarakat masih kurang terkait dengan pemahaman pungli sehingga masih mengedepankan sosialisasi dengan memanfaatkan bhabinkamtibmas, sementara untuk instansi di bidang pelayanan public Satgas Saber Pungli sendiri yang langsung memberi edukasi terkait dengan pungli tersebut. Bahwa Kejaksaan Negeri Batang sendiri selalu memantau dan melakukan pengawasan terhadap setiap tindakan yang berpotensi mengarah kepada praktek-praktek pungli, sebagaimana perannya dalam satgas saber pungli, Kejari Batang turut serta aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal tersebut seperti kepada kepala desa serta stakeholder terkait, kemudian berkaitan dengan penanganan pungli di Kejaksaan Negeri Batang sendiri mendasar pada KUHAP dimana kejaksaan berwenang melakukan penyidikan serta penyelidikan terhadap perkara pidana tertentu seperti halnya korupsi maka kejaksaan selalu berkoordinasi dengan kepolisian untuk memberantas pungli secara maksimal.

Satgas Saber Pungli sudah sejak 2016 sebagaimana peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli kemudian ditindaklanjuti dengan Inmendagri dan Keputusan Bupati Batang karena melibatkan berbagai instansi dalam hal iini Polres Batang, Kodim, Pemerintah Daerah Kab. Batang yang bersama-sama berupaya melakukan Langkah-langkah pembenahan birokrasi serta menutup celah potensi pungli di Kab. Batang. ahwa pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan hanya tugas aparat penegak hukum dan pemerintah, dalam hal ini sangat diperlukan peran serta masyarakat untuk meminimalisir pungli, himbauan kepada masyarakat untuk memulai budaya bersih serta jangan segan untuk melapor kepada Satgas Saber Pungli di akun-akun yang telah tersedia yang dijamin kerahasiaan pelapornya.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dialog Lintas Semarang Pagi Segmen Jaksa Menyapa Bersama Kejari Batang Terkait Pemberantasan Pungutan Liar"