Kejari Batang Jalin Kerja Sama Terkait Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Desa se-Kecamatan Batang dan Desa se-Kecamatan Warungasem

Pada, Kamis 22 Desember 2022
Sebanyak 12 kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Batang dan 18 Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Warungasem menyepakati perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Batang.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Batang Mukharom, SH.,MH. dengan Kepala Desa se-Kecamatan Batang dan se- Kecamatan Warungasem disaksikan oleh Camat Batang, Camat Warungasem dan Kasi Datun Kejari Batang.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari Pemerintahan Desa yang dimana sempat adanya tanya jawab antara Kades dan Kejaksaan perihal beberapa permasalahan hukum yang menyangkut pemerintahan Desa. Pertanyaan-pertanyaan dari Kades tersebut dijawab langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Batang Mukharom, SH.,MH. dengan dilandasi oleh dasar hukum yg berlaku.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat terciptanya kenyamanan bagi Pemerintah Desa dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai tupoksi dan meminimalisir korupsi yang didasari oleh ketidakpahaman lebih dalam perihal hukum yang berlaku di Indonesia.

Untuk diketahui, Penandatanganan naskah kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan antara lain adalah untuk melaksanakan sebagian tugas dan wewenang Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum yang tidak saja berperan melaksanakan Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia juga berperan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, sebagai Jaksa Pengacara Negara yang diharapkan dapat memberikan manfaat optimal kepada Pemerintah Desa.
Selain itu Kejaksaan dapat memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan pelayanan hukum ketika dihadapi masalah/sengketa Perdata dan Tata Usaha Negara terhadap jalannya Pemerintahan Desa tersebut.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kejari Batang Jalin Kerja Sama Terkait Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Desa se-Kecamatan Batang dan Desa se-Kecamatan Warungasem"