SAMBANGI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BATANG, KEJARI BATANG LAKSANAKAN PENERANGAN HUKUM

Jajaran Intelijen Kejaksaan Negeri Batang  (Kejari) Batang datangi Dinas Perhubungan Kabupaten Batang untuk melaksanakan kegiatan Penerangan Hukum dan disambut langsung oleh Sdr. Dwi Riyanto, AP. MM. selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, pada hari Kamis tanggal 22 September 2022.

Kegiatan Penerangan Hukum tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Batang, Ridwan Gaos Natasukmana, SH yang sekaligus sebagai Narasumber. Adapun  materi yang disampaikan terkait “Pencerahan Hukum dan Sekilas Tugas dan Fungsi Kejaksaan”.

Dengan adanya kegiatan Penerangan Hukum ini memberikan informasi hukum kepada Masyarakat khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Pehubungan Kabupaten Batang, sebagai upaya preventif/pencegahan terhadap tindak pidana. Selain itu menjadi sarana Masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai hukum serta penghubung antara Masyarakat dengan Kejaksaan. Dimana Kejaksaan siap menjadi sarana penampung setiap permasalahan hukum dan dapat memberikan bantuan hukum.

Penerangan Hukum bertujuan untuk memberikan kesadaran hukum pada masyarakat termasuk memberikan pengenalan tentang Lembaga Kejaksaan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dapat memahami secara dini terkait dengan permasalahan-permasalahan hukum yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu,  dapat mengantisipasi serta membentengi diri dari segala bentuk pelanggaran dan kejahatan yang dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat  bernegara.

Untuk menghindari permasalahan hukum dapat dilakukan dengan cara melakukan tugas dan fungsi tanpa melakukan penyimpangan, bagaimana melaksanakan tugas pokok dengan baik dan bagaimana mempertanggungjawabkan kegiatan itu dengan benar. “Kenali Hukum Jauhi Hukuman” yang merupakan motto dari Kejaksaan, dapat dijadikan pegangan bagi Masyarakata khusus bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)  pada Dinas Pehubungan Kabupaten Batang.

Berharap dengan kegiatan penerangan hukum ini menjadi sarana untuk menambahkan pengetahuan hukum bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Pehubungan Kabupaten Batang, serta mendapat hal positif yang bisa diambil untuk menghindari masalah-masalah hukum, agar tercipta kondisi Masyarakat Kabupaten Batang yang aman tentram dan saling toleransi.

Bahwa kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Pasal 30 ayat (3) huruf a dan Pasal 30 B huruf c Undang-Undang RI Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SAMBANGI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BATANG, KEJARI BATANG LAKSANAKAN PENERANGAN HUKUM"