Tim Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Batang Berhasil Mengamankan Terpidana Perkara Tindak Pidana Umum Atas Nama Terpidana Ahmad Muchadirin Bin H Habib Abdullah

Bahwa pada hari Kamis, tanggal 28 Juli 2022 sekira pukul 08.15 Wib, Tim Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Batang yang dipimpin langsung Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Sefitrios, S.H.,M.H. dengan di back up Anggota Polres Batang dan Jajaran Intelijen Kejari Batang berhasil Mengamankan Terpidana Perkara Tindak Pidana Umum atas Nama Terpidana Ahmad Muchadirin Bin H Habib Abdullah di rumahnya yang beralamat di Dukuh Gebanganom RT.01  RW.05 Desa Kebondalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.

Terpidana langsung dibawa ke Kantor Kejaksaan Negeri Batang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu selanjutnya terpidana langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Batang untuk dieksekusi badan melaksanakan putusan selama 6 (enam) bulan. Adapun kegiatan eksekusi terpidana dilaksanakan oleh Jaksa Eksekutor  tersebut merupakan amanat dari Pasal 270 Undang-undang Nomor 8 tahun 1981 tentang Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Untuk diketahui bahwa terpidana Ahmad Muchadirin Bin H. Habib Abdullah selaku pemilik toko Pupuk Tani Jaya pada sekitar bulan Februari 2020 bertempat di Toko Pupuk Tani Jaya yang beralamat di Dukuh Gebanganom RT.01  RW.05 Desa Kebondalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang telah melakukan perbuatan menjual pupuk bersubsidi jenis Urea, Ponska, ZA, dan Petroganik kepada masyarakat yang tidak berhak membeli pupuk bersubsidi dengan harga yang lebih tinggi dari harga pengecer resmi sedangkan terpidana bukan merupakan Produsen, Distributor dan Pengecer resmi pupuk bersubsidi dan juga terpidana tidak memiliki ijin dari pihak yang berwenang untuk menjual pupuk bersubsidi atas perbuatannya tersebut terpidana diajukan ke persidangan namun Hakim Pengadilan Negeri Batang dan Pengadilan Tinggi Semarang memutus Penuntutan Jaksa Penuntut Umum tidak dapat diterima (bebas), sehingga atas putusan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Batang melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung yang mana Mahkamah Agung R.I. memutuskan terpidana dinyatakan terbukti bersalah melakukan Tindak Pidana : “Melakukan kegiatan usaha perdagangan tidak memiliki perizinan di bidang perdagangan yang diberikan oleh Menteri” melanggar Pasal 106 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan sebagaimana Putusan Mahkamah Agung R.I. Nomor : 78 K/Pid.Sus/2022, tanggal 25 Januari 2022.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tim Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Batang Berhasil Mengamankan Terpidana Perkara Tindak Pidana Umum Atas Nama Terpidana Ahmad Muchadirin Bin H Habib Abdullah"